KISI – KISI PENULISAN SOAL UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) SMA /MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
NO |
KOMPETENSI YANG DIUJI (Kisi-kisi USBN 2020) |
KOMPETENSI DASAR (Permendikbud No 37 Tahun 2018) |
LINGKUP MATERI (Kisi-kisi USBN 2020) dan RUANG LINGKUP MATERI
(Permendikbud 21 th 2016) |
MATERI DAN METERI ESENSIAL |
KELAS / SEMESTER |
LEVEL KOGNITIF |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) |
INDIKATOR BUTIR SOAL (IBS) |
NO SOAL |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
11 |
1 |
Menentukan Isi tersurat teks |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan isi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Disajikan sebuah teks LHO tentang keanekaragaman
hayati di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan isi tersurat
teks tersebut, |
1 |
|||
2 |
Menentukan makna kata/istilah |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis. |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan makna teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Disajikan sebuah paragraf LHO tentang kesehatan
yang di dalamnya terdapat sebuah kata/istilah, peserta didik dapat menentukan
makna kata/istilah tersebut. |
2 |
|||
3 |
Menentukan Ide Pokok |
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah
artikel yang dibaca |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf dalam sebuah artikel
yang dibaca |
Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik dapat menentukan ide
pokok paragraf tersebut, |
3 |
|||
4 |
Menyimpulkan topik/ inti teks |
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah
artikel yang dibaca |
Membaca Teks Nonsastra |
Topik/inti teks |
XII/2 |
L2 |
Peserta didik dapat menyimpulkan informasi, baik fakta maupun opini,
dalam sebuah artikel yang dibaca dengan tepat |
Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik
dapat menyimpulkan topik/inti teks tersebut, |
4 |
5 |
Menyimpulkan
pertanyaan yang jawabannya merupakan
inti teks |
3.3 Mengidentifikasi informasi dalam teks ekplanasi lisan dan tulis |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi
dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan tepat |
Disajikan sebuah paragraf eksplanasi, peserta
didik dapat menyusun pertanyaan yang jawabanya merupakan inti paragraf
tersebut, |
5 |
|||
6 |
Menyimpulkan
isi tersirat dalam teks
nonsastra |
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan
simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menginterpretasikan isi tersirat
yang terdapat dalam paragraf dengan benar. |
Disajikan sebuah paragraf editorial, peserta didik
dapat menginterpretasikan isi tersirat yang terdapat dalam paragraf tersebut |
6 |
|||
7 |
Mengurutkan
ringkasan sesuai dengan isi
teks |
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat mengorganisasikan informasi
berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Disajikan 5 – 6 langkah dalam teks prosedur yang
disusun secara acak dan bernomor, peserta didik dapat mengurutkannya menjadi
sebuah teks prosedur |
7 |
|||
|
Menyimpulkan perbedaan
isi kedua teks nonsastra |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dari dua karya berbeda |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan
kebahasaan resensi dari dua karya yang berbeda dengan tepat |
Disajikan dua buah teks resensi yang masing-masing
teks terdiri atas satu paragraf, peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan
isi kedua teks tersebut, |
8 |
|||
|
Menyimpulkan hubungan antarteks teks nonsastra: ·
sebab-akibat ·
tesis-
argumen ·
umum-rincian ·
masalah- solusi fakta-prediksi |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan konjungsi yang
sesuai untuk mengembangkan kedua paragraf yang berbeda |
Disajikan dua paragraph eksplanasi yang
antarparagrafnya belum berkonjungsi, peserta didik dapat menentukan konjungsi
yang sesuai untuk menggabungkan kedua paragraph tersebut. |
S |
|||
10 |
Memprediksi
berdasarkan isi
teks |
4.3 mengonstruksi nilai-nilai dari informasi
cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat mengonstruksi nilai-nilai dari informasi
cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi |
Disajikan teks cerita sejarah yang terdiri atas
dua paragraf, peserta didik dapat memprediksi
peristiwa yang akan terjadi berdasarkan isi
teks tersebut. |
10 |
|||
11 |
Mengevaluasi isi teks nonsastra |
|
Membaca Teks Nonsastra |
|
Disajikan teks editorial yang terdiri atas dua
paragraf, peserta didik dapat menilai keberpihakan penulis sesuai isi teks
tersebut |
11 |
|||
12 |
Menentukan isi tersurat dalam
teks sastra |
3.9 Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks cerpen dengan tepat |
Disajikan sebuah penggalan cerpen yang panjangnya
antara 60 – 80 kata, peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks tersebut, |
12 |
|||
13 |
menentukan
makna kata/ ungkapan pada teks sastra |
3.9 Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menentukan makna ungkapan
dalam penggalan cerpen dengan tepat |
Disajikan penggalan cerpen dengan panjang antara
60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat sebuah ungkapan, peserta didik dapat
menentukan makna ungkapan tersebut. |
13 |
|||
14 |
Menyimpulkan isi tersirat
dalam teks sastra
(makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menginterpretasikan makna
simbol dalam puisi dengan tepat |
Disajikan sebuah puisi pendek yang di dalamnya
terdapat kata simbolis, peserta didik dapat menginterpretasikan makna simbol
dalam puisi tersebut |
14 |
|||
15 |
Menyimpulkan isi tersirat
dalam teks sastra
(makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.9 Menganalisis unsur-unusr
pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menginterpretasikan watak
salah satu tokoh dalam penggalan cerpen dengan tepat |
Disajikan penggalan cerpen yang terdiri atas 60 –
80 kata dan di dalamnya terdapat gambaran watak tokoh, peserta didik dapat
menginterpretasikan watak salah satu tokoh dalam penggalan cerpen tersebut |
15 |
|||
16 |
Menyimpulkan isi tersirat
dalam teks sastra
(makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menginterpretasikan latar
suasana dalam penggalan novel |
Disajikan penggalan novel yang terdiri atas 60 –
80 kata dan di dalamnya tersirat latar suasana, peserta didik dapat
menginterpretasikan latar suasana dalam penggalan novel tersebut |
16 |
|||
|
Menyimpulkan isi tersirat
dalam teks sastra
(makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.19 Menganalisis isi dan
kebahasaan drama yang dibaca atau
ditonton |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menyimpulkan penyebab
terjadinya konflik yang terdapat dalam drama |
Disajikan penggalan teks drama (8 – 10 dialog),
peserta didik dapat menyimpulkan penyebab terjadinya konflik yang terdapat
dalam penggalan drama tersebut. |
17 |
|||
|
Menyimpulkan isi tersirat
dalam teks sastra
(makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.9 Menganalisis unsur-unusr
pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
Ppeserta didik dapat menginterpretasikan amanat
yang terdapat dalam penggalan cerpen |
Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas
60 – 80 kata, peserta didik dapat menginterpretasikan amanat yang terdapat
dalam penggalan cerpen tersebut. |
18 |
|||
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam
teks
sastra (makna simbol,
watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema,
sebab dan akibat konflik, pesan, amanat,
nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) |
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita
pendek |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menginterpretasikan nilai
moral yang terdapat dalam cerpen |
Disajikan penggalan teks novel yang terdiri atas
60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kehidupan, peserta didik
dapat menginterpretasikan nilai moral yang terdapat dalam penggalan teks
tersebut. |
19 |
|||
|
Menyimpulkan perbedaan
isi kedua teks sastra |
3.8 Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat membandingkan nilai-nilai
kebahasaan cerita rakyat. |
Disajikan dua penggalan cerita rakyat/hikayat yang
masing-masing terdiri atas 60 – 80 kata, peserta didik dapat menyimpulkan
perbedaan nilai-nilai kedua penggalan cerita rakyat tersebut |
20 |
|||
21 |
Mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai
isi karya sastra |
4.10
Mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun
cerpen (XI /1) |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat
mengurutkan pokok peristiwa sesuai isi
karya sastra. |
Disajikan lima peristiwa pokok dalam teks
cerpen yang disajikan secara acak dan
bernomor, peserta didik dapat mengurutkan kelima peristiwa tersebut. |
21 |
|||
22 |
Membuktikan simpulan dengan
data pada karya
sastra (bukti watak, latar, nilai) |
3.9
Menganalisis unsur pembangun cerita pendek
(watak) dalam buku kumpulan cerpen |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat
membuktikan watak tokoh utama dalam penggalan cerpen tersebut |
Disajikan penggalan teks
cerpen yang terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya
bernomor, peserta didik dapat membuktikan watak tokoh utama dalam penggalan
cerpen tersebut |
22 |
|||
23 |
Membuktikan simpulan dengan
data pada karya
sastra (bukti watak, latar, nilai) |
3.9
Menganalisis unsur pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerpen |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menganalisis latar tempat dalam buku kumpulan cerpen |
Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas
60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat
membuktikan latar tempat dalam penggalan cerpen tersebut |
23 |
|||
24 |
Membuktikan simpulan dengan
data pada karya
sastra (bukti watak, latar, nilai) |
3.8
Mengidentifikasi nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menganalisis nilai kehidupan dalam buku kumpulan cerpen |
Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas
60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat
membuktikan nilai kehidupan dalam
penggalan cerpen tersebut |
24 |
|||
25 |
Mengaitkan isi karya sastra dengan kehidupan saat
ini |
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen |
Membaca Teks Sastra |
Peserta
didik dapat mengaitkan isi cerita (nilai ) cerita rakyat tersebut
dengan kehidupan masa kini |
Disajikan penggalan teks cerita rakyat yang
terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta
didik dapat mengaitkan isi cerita rakyat tersebut dengan kehidupan masa kini |
25 |
|||
26 |
Menilai isi karya sastra |
3.7
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerpen atau kumpulan puisi) dan satu
buku pengayaan (nonfiksi ) yang dibaca |
Membaca Teks Sastra |
Peserta
didik dapat menilai isi dua buku fiksi
dan satu buku pengayaan yang
dibaca |
Disajikan
dua sinopsis buku kumpulan cerpen,
peserta didik dapat menilai isi kedua buku kumpulan cerpen tersebut. |
26 |
|||
27 |
Melengkapi
paragraf pada teks
nonsastra |
3.13 Menganalisis isi, sistematika dan
kebahasaan suatu proposal |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta
didik dapat melengkapi kebahasaan proposal yang
dirumpangkan. |
Disajikan sebuah paragraf proposal
kegiatan/penelitian yang di dalamnya
terdapat tiga kata yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi kata
yang dirumpangkan tersebut. |
27 |
|||
28 |
Melengkapi teks nonsastra dengan kata
kohesi |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat melengkapi teks nonsastra dengan kata-kata rujukan
yang dirumpangkan tersebut. |
Disajikan sebuah paragraf biografi tokoh nasional
yang di dalamnya terdapat dua kata rujukan yang dirumpangkan, peserta didik
dapat melengkapi kata-kata rujukan yang dirumpangkan tersebut. |
28 |
|||
29. |
Mengurutkan
kalimat menjadi paragraf yang padu |
4.2 Mengembangkan teks prosedur |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat mengurutkannya menjadi sebuah
teks prosedur yang padu |
Disajikan langkah-langkah
dalam teks prosedur yang disusun secara acak dan bernomor, peserta didik
dapat mengurutkannya menjadi sebuah teks prosedur yang padu |
29 |
|||
30 |
Melengkapi kerangka teks |
4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah
dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat merancang proposal karya
ilmiah dengan melengkapi kerangka proposal dengan memerhatikan sistematika |
Disajikan sebuah kerangka proposal kegiatan yang
salah satu bagiannya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi
bagian rumpang pada kerangka proposal tersebut |
30 |
|||
31 |
Memvariasikan kata/kalimat |
3.1
Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan/tulis |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat mengidentifikasi LHO dengan memvariasikan kalimat lain yang
berpola sama |
Disajikan sebuah teks LHO yang di dalamnya
terdapat kalimat berpola K – S – P – Pel, peserta didik dapat
memvariasikannya dalam kalimat lain yang berpola sama. |
31 |
|||
32 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat sesuai dengan kaidah
kebahasaan: ·
kalimat
efektif ·
penggunaan
konjungsi · kalimat definisi · kalimat perintah |
3.4 Menganalisis struktur an kebahasaan teks
eksplanasi |
Kebahasaan pada Teks |
Peserta didik dapat menganalisis kebahasaan dengan memperbaiki kesalahan
penggunaan konjungsi |
Disajikan sebuah paragraf eksplanasi yang memiliki beberapa konjungsi,
yang tiga di antaranya tidak tepat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan
penggunaan konjungsi tersebut. |
32 |
|||
33 |
Memvariasikan judul teks |
4.6 Merancang teks editorial dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan, baik secara lisan maupun tulis |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat merancang teks editorial
dengan memvariasikan judul lain yang sesuai |
Disajikan tiga paragraf teks editorial beserta
judulnya, peserta didik dapat memvariasikan judul teks tersebut dengan judul
lain yang sesuai dengan isi teks. |
33 |
|||
34 |
Melengkapi teks
sastra dengan kalimat bermajas |
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur dan perwajahan) |
Menulis Teks Sastra |
Peserta didik dapat menulis puisi dengan mlengkapi unsur gaya bahasa (majas) yang sesuai |
Disajikan penggalan puisi yang terdiri atas yang terdiri atas 2 bait, kata yang salah satu barisnya dirumpangkan,
peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang tersebut dengan kalimat majas
yang sesuai. |
34 |
|||
35 |
Melengkapi teks
sastra dengan latar |
4.10 Mengonstruksi sebuah cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen |
Menulis Teks Sastra |
Peserta didik dapat mengonstruksi sebuah cerpen
dengan melengkapi unsur-unsur
pembangun cerpen yang rumpang |
Disajikan sebuah penggalan cerpen yang terdiri
atas 60 - 80 kata yang salah satu kalimat dalam cerpen tersebut dirumpangkan,
peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang tersebut dengan kalimat
berlatar tempat yang sesuai. |
35 |
|||
36 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan
kalimat sesuai
dengan kaidah kebahasaan: ·
kalimat
efektif ·
penggunaan
konjungsi ·
kalimat definisi kalimat perintah |
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan |
Kebahasaan pada Teks |
Kesalahan penggunaan
kalimat sesuai
dengan kaidah kebahasaan |
Peserta didik dapat menyusun bagian penutup surat
lamaran pekerjaan dengan memperbaiki kalimat yang tidak efektif |
Disajikan bagian penutup sebuah surat lamaran
pekerjaan yang tidak efektif, peserta didik dapat memperbaiki kalimat
tersebut. |
36 |
||
37 |
Mengubah
teks sastra ke bentuk teks sastra lain |
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai |
Menulis Teks |
Peserta didik mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen. |
Disajikan sebuah penggalan hikayat peserta didik
dapat mengonversikannya menjadi sebuah cerpen. |
37 |
|||
38 |
Mengidentifikasi
bagian struktur teks |
3.4 Menganalisis struktur an kebahasaan teks
eksplanasi |
Ciri dan Struktur Teks |
Struktur teks eksplanasi |
Peserta didik dapat menentukan bagian struktur
teks eksplanasi |
Disajikan satu paragraf bagian struktur teks
eksplanasi, peserta didik dapat menentukan bagian struktur tersebut. |
38 |
||
39. |
Menentukan jenis
teks berdasarkan strukturnya |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan |
Ciri dan Struktur Teks |
Peserta didik dapat menentukan jenis laporan hasil
observasi |
Disajikan sebuah paragraf bagian pendahuluan teks
LHO, peserta didik dapat menentukan jenis teks tersebut. |
39 |
|||
40 |
Mengidentifikasi
kata dari teks: ·
kata bersinonim ·
kata
baku ·
kata
khusus ·
kata
umum kata emotif |
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks anekdot |
Kebahasaan pada Teks |
identifikasi kata dari
teks: ·
kata bersinonim ·
kata
baku ·
kata
khusus ·
kata
umum |
Peserta didik dapat menganalisis kebahasaan
(menentukan sinonim kata) dalam
teks anekdot |
Disajikan sebuah teks anekdot singkat yang
mengandung kata bersinonim, peserta didik dapat menentukan sinonim kata
tersebut. |
40 |
||
|
Melengkapi kalimat
pada teks nonsastra |
3.5 Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang akan disampaikan dalam ceramah |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menemukan permasalahan aktual
dalam ceramah. |
Disajikan sebuah paragraf ceramah yang salah satu
kalimatnya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi bagian yang rumpang
tersebut. |
41 |
|||
|
Melengkapi paragraf pada teks
nonsastra |
4.11 Mengonstruksi teks
negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur
dan kebahasaan |
Menulis Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat memperbaiki teks negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur dan
kebahasaan |
Disajikan bagian awal teks negosiasi, peserta
didik dapat melengkapi teks tersebut sehingga tercapai kesepakatan di antara
kedua belah pihak. |
42 |
|||
|
Mengembangkan argumen
berdasarkan pernyataan (tesis) |
4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan
memerhatikan isi, struktur dan kebahasaan |
Menulis Teks Nonsastra |
|
Peserta didik dapat mengembangkan argumen pada
teks eksposisi dengan tepat |
Disajikan tesis teks eksposisi, peserta didik dapat
mengembangkan argumen berdasarkan tesis tersebut |
43 |
||
|
Mengembangkan/ menulis karya sastra |
4.10 Mengonstruksi sebuah cerita pendek
dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen |
Menulis Teks Sastra |
Peserta didik dapat mengembangkan teks cerpen
dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen dengan tepat |
Disajikan sebuah penggalan cerpen, peserta didik
dapat mengembangkan watak tokoh dengan unsur-unsur pembangun cerpen yang
tepat |
44 |
|||
|
mengidentifikasi kata
dari teks: ·
kata bersinonim ·
kata
baku ·
kata
khusus ·
kata
umum ·
kata emotif |
3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan
karya ilmiah |
Kebahasaan pada Teks |
Peserta didik dapat menentukan kata baku dalam
karya ilmiah |
Disajikan dua buah paragraf kutipan karya ilmiah
yang di dalamnya terdapat beberapa kata baku dan tidak baku yang bercetak
miring, peserta didik dapat menentukan tiga kata baku yang terdapat dalam
teks tersebut. |
45 |
|||
3 |
Menentukan Ide Pokok |
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta
maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf
dalam sebuah artikel yang dibaca |
Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik
dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut, |
46 |
|||
1 |
Menentukan Isi tersurat teks |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan isi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Disajikan sebuah teks LHO tentang keanekaragaman
hayati di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan isi tersurat
teks tersebut, |
47 |
|||
2 |
Menentukan makna kata/istilah |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Membaca Teks Nonsastra |
Peserta didik dapat menentukan makna teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
Disajikan sebuah paragraf LHO tentang kesehatan
yang di dalamnya terdapat sebuah kata/istilah, peserta didik dapat menentukan
makna kata/istilah tersebut. |
48 |
|||
12 |
Menentukan isi tersurat dalam teks sastra |
3.9
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks cerpen dengan tepat |
Disajikan sebuah penggalan cerpen yang panjangnya
antara 60 – 80 kata, peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks tersebut, |
49 |
|||
13 |
menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra |
3.9
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek |
Membaca Teks Sastra |
Peserta didik dapat menentukan makna ungkapan
dalam penggalan cerpen dengan tepat |
Disajikan penggalan cerpen dengan panjang antara
60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat sebuah ungkapan, peserta didik dapat
menentukan makna ungkapan tersebut. |
50 |
*) Coret salah satu
Komentar
Posting Komentar