KISI – KISI PENULISAN SOAL UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) SMA /MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NO

KOMPETENSI

YANG DIUJI

(Kisi-kisi USBN 2020)

KOMPETENSI DASAR

(Permendikbud No 37 Tahun 2018)

LINGKUP MATERI

(Kisi-kisi USBN 2020) dan RUANG LINGKUP MATERI (Permendikbud 21 th 2016)

MATERI DAN METERI ESENSIAL

KELAS / SEMESTER

LEVEL KOGNITIF

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

INDIKATOR BUTIR SOAL (IBS)

NO

SOAL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

11

1

Menentukan Isi  tersurat teks

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Membaca Teks Nonsastra

Isi Tersurat Teks

X/1

L1

Peserta didik dapat menentukan isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Disajikan sebuah teks LHO tentang keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks tersebut,

1

2

Menentukan makna kata/istilah

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Membaca Teks Nonsastra

Makna Kata/ Istilah

X/1

L1

Peserta didik dapat menentukan makna teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Disajikan sebuah paragraf LHO tentang kesehatan yang di dalamnya terdapat sebuah kata/istilah, peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah tersebut.

2

3

Menentukan Ide Pokok

3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca

Membaca Teks Nonsastra

Ide Pokok

XII/2

L2

Peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf dalam sebuah artikel yang dibaca

Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut,

3

4

Menyimpulkan topik/ inti teks

3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca

Membaca Teks Nonsastra

Topik/inti teks

XII/2

L2

Peserta didik dapat menyimpulkan informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca dengan tepat

Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik dapat menyimpulkan topik/inti teks tersebut,

4

5

Menyimpulkan pertanyaan yang jawabannya merupakan inti teks

3.3 Mengidentifikasi informasi dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

Membaca Teks Nonsastra

Menyusun pertanyaan

XI/1

L2

Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan tepat

Disajikan sebuah paragraf eksplanasi, peserta didik dapat menyusun pertanyaan yang jawabanya merupakan inti paragraf tersebut,

5

6

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra

3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial

Membaca Teks Nonsastra

Isi tersirat teks nonsastra

XII/1

L2

Peserta didik dapat menginterpretasikan isi tersirat yang terdapat dalam paragraf dengan benar.

Disajikan sebuah paragraf editorial, peserta didik dapat menginterpretasikan isi tersirat yang terdapat dalam paragraf tersebut

6

7

Mengurutkan ringkasan sesuai dengan isi teks

3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Membaca Teks Nonsastra

ringkasan sesuai dengan isi teks

XI/1

L2

Peserta didik dapat mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

Disajikan 5 – 6 langkah dalam teks prosedur yang disusun secara acak dan bernomor, peserta didik dapat mengurutkannya menjadi sebuah teks prosedur

7

 

Menyimpulkan perbedaan isi kedua teks  nonsastra

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dari dua karya berbeda

Membaca Teks Nonsastra

Perbedaan isi kedua teks  nonsastra

XI/2

L2

Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan kebahasaan resensi dari dua karya yang berbeda dengan tepat

Disajikan dua buah teks resensi yang masing-masing teks terdiri atas satu paragraf, peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan isi kedua teks tersebut,

8

 

Menyimpulkan hubungan antarteks teks nonsastra:

·   sebab-akibat

·   tesis- argumen

·   umum-rincian

·   masalah- solusi

fakta-prediksi

3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Membaca Teks Nonsastra

Hubungan antarteks teks nonsastra

XI/1

L2

Peserta didik dapat menentukan konjungsi yang sesuai untuk mengembangkan kedua paragraf yang berbeda

Disajikan dua paragraph eksplanasi yang antarparagrafnya belum berkonjungsi, peserta didik dapat menentukan konjungsi yang sesuai untuk menggabungkan kedua paragraph tersebut.

S

10

Memprediksi berdasarkan isi teks

4.3 mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

Membaca Teks Nonsastra

Isi teks nonsastra

XII/I

L3

Peserta didik dapat mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

Disajikan teks cerita sejarah yang terdiri atas dua paragraf, peserta didik dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi berdasarkan isi teks tersebut.

 

10

11

Mengevaluasi  isi teks nonsastra

 

Membaca Teks Nonsastra

Isi teks nonsastra

XII/1

L3

 

Disajikan teks editorial yang terdiri atas dua paragraf, peserta didik dapat menilai keberpihakan penulis sesuai isi teks tersebut

11

12

Menentukan isi tersurat dalam teks sastra

3.9  Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

isi tersurat dalam teks sastra

XI/1

L1

peserta didik dapat menentukan  isi tersurat teks cerpen dengan tepat

Disajikan sebuah penggalan cerpen yang panjangnya antara 60 – 80 kata, peserta didik dapat menentukan  isi tersurat teks tersebut,

12

13

menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra

 

3.9  Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

makna kata/ ungkapan

XI/1

L1

Peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dalam penggalan cerpen dengan tepat

Disajikan penggalan cerpen dengan panjang antara 60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat sebuah ungkapan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan tersebut.

13

14

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

 

3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

X/2

L2

Peserta didik dapat menginterpretasikan makna simbol dalam puisi dengan tepat

Disajikan sebuah puisi pendek yang di dalamnya terdapat kata simbolis, peserta didik dapat menginterpretasikan makna simbol dalam puisi tersebut

14

15

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

3.9  Menganalisis unsur-unusr pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

XI/2

L2

Peserta didik dapat menginterpretasikan watak salah satu tokoh dalam penggalan cerpen dengan tepat

Disajikan penggalan cerpen yang terdiri atas 60 – 80 kata dan di dalamnya terdapat gambaran watak tokoh, peserta didik dapat menginterpretasikan watak salah satu tokoh dalam penggalan cerpen tersebut

15

16

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

 

3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

XII/2

L2

Peserta didik dapat menginterpretasikan latar suasana dalam penggalan novel

Disajikan penggalan novel yang terdiri atas 60 – 80 kata dan di dalamnya tersirat latar suasana, peserta didik dapat menginterpretasikan latar suasana dalam penggalan novel tersebut

16

 

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

3.19 Menganalisis isi  dan kebahasaan drama  yang dibaca atau ditonton

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

XI/2

L2

Peserta didik dapat menyimpulkan penyebab terjadinya konflik yang terdapat dalam drama

Disajikan penggalan teks drama (8 – 10 dialog), peserta didik dapat menyimpulkan penyebab terjadinya konflik yang terdapat dalam penggalan drama tersebut.

17

 

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

3.9  Menganalisis unsur-unusr pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

XI/1

L2

Ppeserta didik dapat menginterpretasikan amanat yang terdapat dalam penggalan cerpen

Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas 60 – 80 kata, peserta didik dapat menginterpretasikan amanat yang terdapat dalam penggalan cerpen tersebut.

18

 

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial)

3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

Isi tersirat dalam teks sastra

XI/1

L2

Peserta didik dapat menginterpretasikan nilai moral yang terdapat dalam cerpen

Disajikan penggalan teks novel yang terdiri atas 60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kehidupan, peserta didik dapat menginterpretasikan nilai moral yang terdapat dalam penggalan teks tersebut.

19

 

Menyimpulkan perbedaan isi kedua teks  sastra

3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

Membaca Teks

Sastra

Perbedaan Teks Sastra

X/1

L2

Peserta didik dapat membandingkan nilai-nilai kebahasaan cerita rakyat.

Disajikan dua penggalan cerita rakyat/hikayat yang masing-masing terdiri atas 60 – 80 kata, peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan nilai-nilai kedua penggalan cerita rakyat tersebut

20

21

Mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai isi karya sastra

 

4.10 Mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen (XI /1)

 

Membaca Teks

Sastra

Urutan pokok-pokok peristiwa

XI/1

L2

Peserta didik dapat mengurutkan pokok peristiwa sesuai isi karya sastra.

 

Disajikan lima peristiwa pokok dalam teks cerpen  yang disajikan secara acak dan bernomor, peserta didik dapat mengurutkan kelima peristiwa tersebut.

21

22

Membuktikan  simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, latar, nilai)

3.9 Menganalisis unsur pembangun cerita pendek  (watak) dalam buku kumpulan cerpen

 

Membaca Teks

Sastra

Simpulan dan data pada karya sastra (bukti watak, latar, nilai)

XI/I

L3

Peserta didik dapat membuktikan watak tokoh utama dalam penggalan cerpen tersebut

 

Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat membuktikan watak tokoh utama dalam penggalan cerpen tersebut

22

23

Membuktikan  simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, latar, nilai)

 

3.9 Menganalisis unsur pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerpen

 

Membaca Teks

Sastra

Simpulan  dengan data pada karya sastra

XI/1

L3

Peserta didik dapat menganalisis  latar tempat dalam buku kumpulan cerpen

Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat membuktikan latar tempat dalam penggalan cerpen tersebut

23

24

Membuktikan  simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, latar, nilai)

3.8 Mengidentifikasi nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek

 

Membaca Teks

Sastra

Simpulan  dengan data pada karya sastra

XI/1

L3

Peserta didik dapat menganalisis  nilai kehidupan dalam buku kumpulan cerpen

Disajikan penggalan teks cerpen yang terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat membuktikan nilai kehidupan  dalam penggalan cerpen tersebut

 

 

24

25

Mengaitkan  isi karya sastra dengan kehidupan saat ini

 

3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat  dan cerpen

Membaca Teks Sastra

Kaitan isi karya sastra dengan kehidupan

X/1

L3

Peserta  didik dapat mengaitkan isi cerita (nilai ) cerita rakyat tersebut dengan kehidupan masa kini

Disajikan penggalan teks cerita rakyat yang terdiri atas 60 s.d. 80 kata yang masing-masing kalimatnya bernomor, peserta didik dapat mengaitkan isi cerita rakyat tersebut dengan kehidupan masa kini

25

26

Menilai isi karya sastra

 

3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerpen atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi ) yang dibaca

Membaca Teks Sastra

Isi karya sastra

XII/1

L3

Peserta  didik dapat menilai isi dua buku fiksi  dan satu buku pengayaan  yang dibaca

Disajikan  dua sinopsis  buku kumpulan  cerpen,  peserta didik dapat menilai isi kedua buku kumpulan cerpen tersebut.

26

27

Melengkapi  paragraf pada teks nonsastra

 

3.13 Menganalisis isi, sistematika dan kebahasaan suatu proposal

Menulis Teks

Nonsastra

Kebahasaan  pada paragraf teks nonsastra

XI/2

L1

Peserta  didik dapat melengkapi kebahasaan proposal yang dirumpangkan.

Disajikan sebuah paragraf proposal kegiatan/penelitian  yang di dalamnya terdapat tiga kata yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi kata yang dirumpangkan tersebut.

27

28

Melengkapi teks nonsastra dengan kata kohesi

3.15 Menganalisis  aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi

Menulis Teks

Nonsastra

Kata kohesi

X/2

L1

Peserta didik dapat melengkapi  teks nonsastra dengan kata-kata rujukan yang dirumpangkan tersebut.

Disajikan sebuah paragraf biografi tokoh nasional yang di dalamnya terdapat dua kata rujukan yang dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi kata-kata rujukan yang dirumpangkan tersebut.

28

29.

Mengurutkan kalimat menjadi paragraf yang padu

4.2 Mengembangkan teks prosedur

Menulis Teks

Nonsastra

Kepaduan  paragraf

XI/1

L2

Peserta didik dapat mengurutkannya menjadi sebuah teks prosedur yang padu

Disajikan langkah-langkah dalam teks prosedur yang disusun secara acak dan bernomor, peserta didik dapat mengurutkannya menjadi sebuah teks prosedur yang padu

29

30

Melengkapi kerangka teks

4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan

Menulis Teks

Nonsastra

Kerangka teks

XI/2

L2

Peserta didik dapat merancang proposal karya ilmiah dengan melengkapi kerangka proposal dengan memerhatikan sistematika

Disajikan sebuah kerangka proposal kegiatan yang salah satu bagiannya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang pada kerangka proposal tersebut

30

31

Memvariasikan kata/kalimat

3.1  Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan/tulis

Menulis Teks

Nonsastra

Variasi kalimat

X/1

L3

Peserta didik dapat mengidentifikasi LHO  dengan memvariasikan kalimat lain yang berpola sama

Disajikan sebuah teks LHO yang di dalamnya terdapat kalimat berpola K – S – P – Pel, peserta didik dapat memvariasikannya dalam kalimat lain yang berpola sama.

31

32

Memperbaiki  kesalahan penggunaan kata/ kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan:

·   kalimat efektif

·   penggunaan konjungsi

·   kalimat definisi

·   kalimat perintah

 

3.4 Menganalisis struktur an kebahasaan teks eksplanasi

Kebahasaan pada Teks

Kesalahan  penggunaan kata/ kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan

XI/1

L3

Peserta didik dapat menganalisis  kebahasaan dengan memperbaiki kesalahan penggunaan konjungsi

Disajikan sebuah paragraf eksplanasi yang memiliki beberapa konjungsi, yang tiga di antaranya tidak tepat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan konjungsi tersebut.

32

33

Memvariasikan judul teks

 

4.6 Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan, baik secara lisan maupun tulis

Menulis Teks

Nonsastra

Variasi judul teks

X/1

L3

Peserta didik dapat merancang teks editorial dengan memvariasikan judul lain yang sesuai

Disajikan tiga paragraf teks editorial beserta judulnya, peserta didik dapat memvariasikan judul teks tersebut dengan judul lain yang sesuai dengan isi teks.

33

34

Melengkapi teks sastra dengan kalimat bermajas

4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur dan perwajahan)

Menulis Teks

Sastra

Teks sastra

XI/1

L2

Peserta didik dapat menulis puisi  dengan mlengkapi  unsur gaya bahasa (majas)  yang sesuai

Disajikan penggalan puisi yang terdiri atas  yang terdiri atas 2 bait,  kata yang salah satu barisnya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang tersebut dengan kalimat majas yang sesuai.

34

35

Melengkapi teks sastra dengan latar

4.10 Mengonstruksi sebuah cerpen dengan  memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen

Menulis Teks

Sastra

Teks sastra

XI/1

L2

Peserta didik dapat mengonstruksi sebuah cerpen dengan melengkapi unsur-unsur pembangun cerpen yang rumpang

Disajikan sebuah penggalan cerpen yang terdiri atas 60 - 80 kata yang salah satu kalimat dalam cerpen tersebut dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang tersebut dengan kalimat berlatar tempat yang sesuai.

35

36

Memperbaiki kesalahan penggunaan  kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan:

·   kalimat efektif

·   penggunaan konjungsi

·   kalimat definisi

kalimat perintah

4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan

Kebahasaan pada Teks

Kesalahan penggunaan  kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan

 

XII/1

L3

Peserta didik dapat menyusun bagian penutup surat lamaran pekerjaan dengan memperbaiki kalimat yang tidak efektif

Disajikan bagian penutup sebuah surat lamaran pekerjaan yang tidak efektif, peserta didik dapat memperbaiki kalimat tersebut.

36

37

Mengubah teks sastra ke bentuk teks sastra lain

 

4.8 Mengembangkan   cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai

Menulis Teks

Sastra

 

Pengubahan teks sastra ke bentuk teks lain

X/2

L3

Peserta didik mengembangkan  hikayat menjadi sebuah cerpen.

Disajikan sebuah penggalan hikayat peserta didik dapat mengonversikannya menjadi sebuah cerpen.

37

38

Mengidentifikasi  bagian struktur teks

3.4 Menganalisis struktur an kebahasaan teks eksplanasi

Ciri  dan Struktur Teks

Struktur teks eksplanasi

 

XI/1

L1

Peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks eksplanasi

Disajikan satu paragraf bagian struktur teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan bagian struktur tersebut.

38

39.

Menentukan  jenis teks berdasarkan strukturnya

 

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan

Ciri  dan Struktur Teks

Jenis  teks berdasarkan strukturnya

X/1

L1

Peserta didik dapat menentukan jenis laporan hasil observasi

Disajikan sebuah paragraf bagian pendahuluan teks LHO, peserta didik dapat menentukan jenis teks tersebut.

39

40

Mengidentifikasi  kata dari teks:

·    kata bersinonim

·    kata baku

·    kata khusus

·    kata umum

kata emotif

3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot

Kebahasaan pada Teks

identifikasi kata dari teks:

·    kata bersinonim

·    kata baku

·    kata khusus

·    kata umum

kata emotif

X/1

L1

Peserta didik dapat menganalisis  kebahasaan  (menentukan sinonim kata)  dalam teks anekdot

Disajikan sebuah teks anekdot singkat yang mengandung kata bersinonim, peserta didik dapat menentukan sinonim kata tersebut.

40

 

Melengkapi kalimat pada teks nonsastra

3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang akan disampaikan dalam ceramah

Menulis Teks

Nonsastra

Kalimat pada Teks Nonsastra

XI/1

L2

Peserta didik dapat menemukan permasalahan aktual dalam ceramah.

Disajikan sebuah paragraf ceramah yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut.

41

 

Melengkapi paragraf pada teks nonsastra

4.11 Mengonstruksi teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur  dan kebahasaan

Menulis Teks

Nonsastra

Paragraf Teks Nonsastra

X/2

L2

Peserta didik dapat memperbaiki teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur  dan kebahasaan

Disajikan bagian awal teks negosiasi, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut sehingga tercapai kesepakatan di antara kedua belah pihak.

42

 

Mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis)

4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi, struktur dan kebahasaan

Menulis Teks

Nonsastra

Pernyataan Argumen

X/1

 

 

L2

Peserta didik dapat mengembangkan argumen pada teks eksposisi dengan tepat

Disajikan tesis teks eksposisi, peserta didik dapat mengembangkan argumen berdasarkan tesis tersebut

43

 

Mengembangkan/ menulis karya sastra

4.10 Mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen

Menulis Teks

Sastra

Menulis Karya Sastra

XI/1

L3

Peserta didik dapat mengembangkan teks cerpen dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen dengan tepat

Disajikan sebuah penggalan cerpen, peserta didik dapat mengembangkan watak tokoh dengan unsur-unsur pembangun cerpen yang tepat

44

 

mengidentifikasi kata dari teks:

·    kata bersinonim

·    kata baku

·    kata khusus

·    kata umum

·    kata emotif

3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Kebahasaan pada Teks

Karya Ilmiah

XI/2

L1

Peserta didik dapat menentukan kata baku dalam karya ilmiah

Disajikan dua buah paragraf kutipan karya ilmiah yang di dalamnya terdapat beberapa kata baku dan tidak baku yang bercetak miring, peserta didik dapat menentukan tiga kata baku yang terdapat dalam teks tersebut.

45

3

Menentukan Ide Pokok

3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca

Membaca Teks Nonsastra

Ide Pokok

XII/2

L2

Peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf dalam sebuah artikel yang dibaca

Disajikan sebuah paragraf artikel, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut,

46

1

Menentukan Isi  tersurat teks

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Membaca Teks Nonsastra

Isi Tersurat Teks

X/1

L1

Peserta didik dapat menentukan isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Disajikan sebuah teks LHO tentang keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan isi tersurat teks tersebut,

47

2

Menentukan makna kata/istilah

3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Membaca Teks Nonsastra

Makna Kata/ Istilah

X/1

L1

Peserta didik dapat menentukan makna teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Disajikan sebuah paragraf LHO tentang kesehatan yang di dalamnya terdapat sebuah kata/istilah, peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah tersebut.

48

12

Menentukan isi tersurat dalam teks sastra

3.9  Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

isi tersurat dalam teks sastra

XI/1

L1

peserta didik dapat menentukan  isi tersurat teks cerpen dengan tepat

Disajikan sebuah penggalan cerpen yang panjangnya antara 60 – 80 kata, peserta didik dapat menentukan  isi tersurat teks tersebut,

49

13

menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra

 

3.9  Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek  dalam buku kumpulan cerita pendek

Membaca Teks

Sastra

makna kata/ ungkapan

XI/1

L1

Peserta didik dapat menentukan makna ungkapan dalam penggalan cerpen dengan tepat

Disajikan penggalan cerpen dengan panjang antara 60 – 80 kata yang di dalamnya terdapat sebuah ungkapan, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan tersebut.

50

 

 

 

 

 

 

*) Coret salah satu


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI PAS BAHASA INDONESIA XII SEMESTER GANJIL 2023-2024

Ujian Praktikum Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Rengel TP 2023/2024

Sajak Romansa